• translate this site



  • SOKID FILES

  • November 2009
    S S R K J S M
         
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    30  
  • BIBLE ECYCLOPEDIA

    Virgin :

    Kata "perawan" muncul 33 kali dalam King James Version dan 41 kali dalam New International Version. Demikian kata-kata Ibrani yang diterjemahkan bethuwlah dan almah. Kata Yunani adalah parthenos.

    Seorang perawan adalah orang yang TIDAK PERNAH SAMA SEKALI memiliki hubungan seksual.

    Yesaya bernubuat tentang kelahiran Tuhan dari rahim seorang perawan, sebuah tanda unik sepanjang sejarah: "Seorang perawan [virgin] akan hamil, dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Immanuel" (Yes 7:14). (Bandingkan Lukas 1:31-35.)

    Yesus tidak diproduksi dalam rahim Maria sebagai akibat dari hubungan seksual dengan seorang pria (Mormonisme mengklaim bahwa Maria berhubungan seks dengan Adam).

    Maria secara fisik juga tidak berhubungan seks dengan Allah (sebagaimana klaim orang Islam). Pembuahan Yesus Kristus adalah mukjizat yang unik dan khusus dari Allah.

  • Meta

  • FEED BURNER

  • Our Facebook page

  • browsers stat

  • WEBMASTER TEAM

Apa saja kesalahpahaman yang paling umum tentang kelahiran Yesus Kristus?

by : dunia banyumas dari berbagai sumber

 

Cerita yang khas kita dengar berulang-ulang adalah:
“Sekitar 2000 tahun yang lalu, malam hari tanggal 25 Desember. Maria melakukan perjalanan  ke Betlehem dengan mengendarai keledai, terapat peristiwa yang mendesak, dimana Maria akan melahirkan bayinya . Meskipun keadaan darurat, semua penginapan mengusir mereka. Jadi mereka terpaksa melakukan proses persalinan bayi Yesus di kandang. Lalu malaikat bernyanyi dan menyampaikan pesan kepada para gembala. Setelah itu, mereka semua bergabung tiga raja dengan unta dalam menyembah  bayi Yesus yang baru lahir. ”
Masalahnya adalah, cerita ini mungkin hampir seluruhnya salah. Peristiwa-peristiwa sekitar kelahiran telah diceritakan begitu banyak kali dan dalam banyak hal-dalam drama, puisi, buku dan film-yang kebanyakan orang memiliki pandangan terdistorsi dari peristiwa yang benar. Satu-satunya catatan akurat ditemukan dalam Kitab Suci, Firman Tuhan.

  • Apakah Maria menunggang keledai ke Betlehem? Mungkin, tetapi ada berbagai kemungkinan lain. Alkitab tidak mengatakan bagaimana dia sampai ke Betlehem. Hanya mengatakan bahwa ia datang bersama Yusuf.
  • Apakah Maria tiba di Betlehem pada malam dia melahirkan? Alkitab tidak menyarankan ini. Mereka bisa saja tiba minggu sebelumnya. Firman Tuhan hanya menyatakan, “sementara mereka berada di sana [di Betlehem], hari-hari yang dicapai bahwa dia harus diserahkan” (Lukas 2:6). Sesampainya di kota baik sebelum waktu kelahiran akan lebih masuk akal.
  • Apakah Yusuf atau Maria berbicara dengan setiap penginapan? Mungkin, tetapi tidak ada dasar serta bukti teks yang solid, di dalam Alkitab untuk  mempercayai bahwa mereka melakukan hal tersebut. Meskipun penginapan memainkan bagian penting dalam banyak drama Natal, tidak ada pemilik penginapan yang benar-benar disebutkan dalam catatan Alkitab kelahiran Kristus. Selain itu, kemungkinan bahwa Maria dan Yusuf benar-benar tinggal di rumah dengan kerabat, bukan di belakang semacam hotel . (Lihat di bawah)
  • Apakah Yesus lahir di kandang? Atau sebuah gudang? Atau sebuah gua? Alkitab tidak menyebut salah satu dari tiga tempat dalam kaitannya dengan kelahiran Kristus, hanya sebuah palungan. Kitab Suci hanya melaporkan bahwa mereka meletakkan tubuh Yesus di palungan karena tidak ada ruang baginya di ruang tamu. Kata Yunani yang digunakan dalam Alkitab adalah kataluma, dan dapat berarti ruang tamu, tempat penginapan atau penginapan. Satu-satunya waktu lain kata ini digunakan dalam Perjanjian Baru, itu berarti sebuah furnished, besar, lantai atas kamar dalam rumah pribadi. Itu diterjemahkan ruang tamu, bukan penginapan (Markus 14:14-15). Menurut para ahli arkeologi Alkitab kita, Yesus mungkin lahir di rumah kerabat, tetapi tidak terdapat tempat yang baik atau yang layak bagi tempat tinggal atau menginap sebagai tamu.
  • “Jauh di palungan bayi terbangun, tetapi Tuhan Yesus kecil, tidak menangis ….” Walaupun ini merupakan bagian dari lagu indah, kami tidak dapat memastikan bahwa Yesus tidak menangis. Alkitab tidak melaporkan hal ini.
  • Apakah malaikat bernyanyi kepada para gembala di luar Betlehem? Mungkin, tetapi Alkitab tidak secara khusus mengatakan bahwa para malaikat bernyanyi. Dikatakan bahwa pertama seorang malaikat muncul dan berbicara, dan kemudian muncul “banyak” penghuni surga memuji Allah” (Lukas 2:13).
  • Apakah malaikat hadir pada saat lahir? Tampaknya logis untuk menganggap bahwa mereka, bagaimanapun, Alkitab tidak melaporkannya, dan tidak ada bukti bahwa malaikat yang terlihat dengan Maria dan Yusuf pada saat ini.
  • Apakah tiga raja naik unta datang kepada Yesus ‘lahir? Alkitab tidak mengatakan bahwa setiap raja atau unta muda mengunjungi Yesus. Itu laporan orang-orang bijak ( “orang majus”) datang, tetapi tidak mengatakan berapa banyak. Tak satu pun dari Bapa Gereja awal, menyarankan para orang majus adalah raja. Karena kata “orang majus” digunakan dalam Alkitab adalah jamak, rupanya ada setidaknya dua, dan ada bisa lebih-bahkan beberapa lebih. Alkitab hanya menyebutkan tiga hadiah mahal mereka disajikan-emas, kemenyan dan mur, tetapi ini tidak selalu menunjukkan jumlah orang majus. Juga tidak ada bukti dari negara mana orang-orang ini berasal.  Selain itu, orang-orang bijak tidak jelas mengunjungi Yesus ketika ia masih terbaring dalam palungan, seperti yang biasanya ditunjukkan pada kartu ucapan dan dalam bermain. Orang-orang majus tidak datang sampai beberapa setelah presentasi Kristus di Bait Suci di Yerusalem (Lukas 2:22-39). Pada saat itu, Kitab Suci menyebut Yesus sebagai “anak,” bukan “bayi.” Ada kemungkinan kecil itu Yesus berjalan dan berbicara pada saat itu. Berdasarkan perhitungan Raja Herodes dan orang majus (Matius 2:16), Yesus bisa sudah dua tahun atau di bawah.

Apakah Yesus lahir tanggal 25 Desember, atau pada bulan Desember ?.  Alkitab tidak menentukan tanggal atau bulan. Satu masalah dengan Desember adalah bahwa hal itu adalah keniasaan bagi gembala untuk  “tinggal di padang” pada waktu musim dingin  ketika ladang-ladang tidak produktif. Praktik yang normal untuk menjaga kawanan domba di ladang dari musim semi ke gugur. Juga, musim dingin kemungkinan akan menjadi waktu yang sangat sulit untuk Maria melakukan perjalanan jarak jauh dari Nazaret ke Betlehem (70 mil), dalam kondisi hamil.
“Ada hal yang seringkali lebih mungkin terjadi,  yaitu akhir bulan September, waktu tahunan Hari Raya Pondok Daun, ketika perjalanan seperti itu umumnya bisa diterima.Akan tetapi masih terjadi perdebatan kapan hari tepatnya Yesus lahir kedunia ini. Yang pasti,  kita lebih baik beralih dari perdebatan masalah hari kapan Dia lahir kepada esensi arti kedatanganNya di bumi ini bagi umat manusia.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: