• translate this site



  • SOKID FILES

  • November 2009
    S S R K J S M
         
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    30  
  • BIBLE ECYCLOPEDIA

    Virgin :

    Kata "perawan" muncul 33 kali dalam King James Version dan 41 kali dalam New International Version. Demikian kata-kata Ibrani yang diterjemahkan bethuwlah dan almah. Kata Yunani adalah parthenos.

    Seorang perawan adalah orang yang TIDAK PERNAH SAMA SEKALI memiliki hubungan seksual.

    Yesaya bernubuat tentang kelahiran Tuhan dari rahim seorang perawan, sebuah tanda unik sepanjang sejarah: "Seorang perawan [virgin] akan hamil, dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Immanuel" (Yes 7:14). (Bandingkan Lukas 1:31-35.)

    Yesus tidak diproduksi dalam rahim Maria sebagai akibat dari hubungan seksual dengan seorang pria (Mormonisme mengklaim bahwa Maria berhubungan seks dengan Adam).

    Maria secara fisik juga tidak berhubungan seks dengan Allah (sebagaimana klaim orang Islam). Pembuahan Yesus Kristus adalah mukjizat yang unik dan khusus dari Allah.

  • Meta

  • FEED BURNER

  • Our Facebook page

  • browsers stat

  • WEBMASTER TEAM

MENGAPA IMAN DALAM KEKRISTENAN MELEBIHI IMAN – IMAN YANG LAIN ?

di cuplik dan diterjemahkan oleh : Sonny Cornelly Sitanggang

dari : http://www.carm.org/apologetics/evidence-and-answers/why-believe-christianity-over-all-other-religions

Para kritikus sering bertanya mengapa Kekristenan adalah lebih baik daripada agama lain di dunia ?. Setelah semua, dari semua agama yang ada bagaimana bisa bahwa hanya agama Kristen benar?. Jika Tuhan ada, mengapa tidak dapat menggunakan berbagai agama ? Tidak semua jalan mengarah kepada Tuhan ?. Skeptis bertanya pertanyaan semacam ini sepanjang waktu dan, sayangnya, hanya sedikit orang Kristen memiliki jawaban.

Jika kebenaran adalah relatif, maka pernyataan bahwa kebenaran bersifat relatif adalah kebenaran mutlak dan akan mengalahkan pernyataan diri dengan membuktikan bahwa kebenaran itu tidak relatif. Tapi, jika kebenaran adalah mutlak, maka pernyataan “kebenaran mutlak” adalah benar dan tidak merugikan diri sendiri. Memang benar bahwa kebenaran ada. Memang benar bahwa kebenaran tidak akan bertentangan dengan dirinya sebagai yang baru saja kita lihat. Pada kenyataannya, adalah mutlak benar bahwa Anda membaca tulisan ini.

Jika kita dapat melihat bahwa ada hal seperti itu sebagai kebenaran di dunia, maka kita juga bisa melihat bahwa ada dapat kebenaran rohani juga. Hal ini tidak masuk akal untuk percaya pada kemutlakan rohani lagi daripada fisik atau logis yang mutlak. Bahkan pernyataan bahwa semua agama mengarah pada Tuhan adalah pernyataan dianggap mutlak rohani oleh banyak orang. Hal ini hanya menunjukkan bahwa orang percaya pada kebenaran rohani. Mengapa? Karena kebenaran ada. Namun, tidak semua yang dipercaya benar-benar benar benar. Selanjutnya, semua sistem kepercayaan tidak mungkin benar karena mereka sering bertentangan satu sama lain dalam cara-cara yang mendalam – dan kebenaran tidak ada kontradiksi-diri.
Agama bertentangan satu sama lain, sehingga mereka dapat tidak semua benar.

Mormonisme mengajar bahwa ada banyak tuhan dalam keberadaan dan bahwa Anda dapat menjadi seorang dewa. Kekristenan mengajarkan bahwa hanya ada satu Allah dan Anda tidak bisa menjadi seorang dewa. Islam mengajarkan bahwa Yesus bukanlah Allah dalam daging manusia di mana kekristenan tidak. Yesus tidak dapat menjadi Allah dan bukan Tuhan pada waktu yang sama. Beberapa agama mengajarkan bahwa kita menjelma sementara yang lainnya tidak. Beberapa mengajar di sana adalah neraka dan yang lainnya tidak. Mereka tidak bisa semua benar. Jika mereka tidak semua benar, tidak dapat benar bahwa semua agama mengarah pada Tuhan. Lebih jauh lagi, itu berarti bahwa beberapa agama, setidaknya, palsu dalam klaim mereka untuk menyatakan Allah yang benar (atau dewa-dewa). Ingat, kebenaran tidak bertentangan dengan sendirinya. Jika Tuhan ada, Dia tidak akan saling eksklusif lembaga dan sistem kepercayaan yang bertentangan dalam upaya untuk membuat orang untuk percaya kepadaNya. Allah tidak penulis kebingungan (1 Kor. 14:33). Oleh karena itu, masuk akal untuk percaya bahwa ada dapat menjadi absolut kebenaran rohani dan bahwa tidak semua sistem dapat benar terlepas dari apakah mereka mengaku benar. Harus ada lebih dari sekadar klaim.
Terpenuhi Nubuatan tentang Yesus

Meskipun ada agama-agama lain yang telah nubuat-nubuat di dalamnya, tidak ada yang 100% akurat seperti Alkitab dan tak satu pun dari mereka menunjuk kepada seseorang seperti Yesus yang membuat klaim yang luar biasa dan melakukan perbuatan yang luar biasa. Perjanjian Lama ditulis ratusan tahun sebelum Yesus dilahirkan. Namun, Perjanjian Lama menubuatkan banyak hal tentang Yesus. Ini adalah bukti jelas pengaruh ilahi terhadap Alkitab.

Silakan mempertimbangkan beberapa dari banyak nubuat tentang Yesus dalam bagan berikut.

Lahir dari seorang perawan Yesaya 7:14 Mat. 1:18,25
Lahir di Bethlehem Mikha 5:2 Mat. 2:1
Ia akan didahului oleh seorang rasul Yesaya 40:3 Mat. 3:1-2
Ditolak oleh orang-orang-Nya sendiri Yesaya 53:3 Yohanes 7:5; 7:48
Dikhianati oleh seorang teman dekat Yesaya 41:9 Yohanes 13:26-30
Prajurit menusuk sisi-Nya.  Za12:10 Yohanes 19:34
Penyaliban Mazmur 22:1,
Mazmur 22:11-18 Luk 23:33;
Yohanes 19:23-24
Kebangkitan Kristus Mazmur 16:10 Kisah Para Rasul 13:34-37

Pemenuhan nubuat dapat memiliki penjelasan yang berbeda. Beberapa menyatakan bahwa Perjanjian Baru ditulis dan diubah untuk membuatnya terlihat seperti Yesus menggenapi nubuat Perjanjian Lama (tapi tidak ada bukti itu). Lain menyatakan bahwa nubuat-nubuat begitu samar-samar bahwa mereka tidak menghitung (tapi banyak nubuat yang tidak jelas sama sekali). Tentu saja, adalah mungkin bahwa Allah mengilhami para penulis dan Yesus, yang adalah Allah dalam daging, memenuhi nubuat ini sebagai demonstrasi lebih lanjut keabsahan kekristenan.

Kekristenan mengklaim sebagai ditulis oleh Allah. Tentu saja, hanya membuat klaim seperti itu tidak membuat benar. Siapa pun bisa membuat klaim. tapi, membackup klaim tersebut sama sekali berbeda. Yesus menggunakan Nama Ilahi untuk diriNya sendiri (Yohanes 8:58), Nama Tuhan yang sama yang digunakan oleh Allah ketika Musa bertanya kepada Tuhan apa yang nama-Nya dalam (Keluaran 3:14). Yesus berkata bahwa Dia bisa melakukan apa pun Dia melihat Allah Bapa lakukan (Yohanes 5:19), dan Dia mengaku menjadi satu dengan Allah Bapa (Yohanes 10:30; 10:38). Demikian juga, para murid-Nya juga disebut Allah (Yohanes 1:1,14; Yohanes 10:27; Kolose 2:9). Secara default, jika Yesus adalah Allah dalam daging, lalu apa pun yang Dia katakan dan lakukan akan menjadi kenyataan. Karena Yesus berkata bahwa Dia sendiri adalah jalan, kebenaran, dan hidup dan tidak ada yang dapat menemukan Tuhan tanpa Dia (Yohanes 14:6), kata-Nya menjadi sangat penting.

Sekali lagi, melakukan tuntutan adalah satu hal. Dukungan itu adalah hal lain. Apakah Yesus juga kembali kata-kata fantastis-Nya dengan perbuatan ajaib? Ya, Dia.

* Yesus mengubah air menjadi anggur (Yohanes 2:6-10).
* Yesus mengusir setan (Mat 8:28-32; 15:22-28).
* Yesus menyembuhkan orang kusta (Mat 8:3; Luk 17:14).
* Yesus menyembuhkan penyakit (Mat 4:23,24; Luk 6:17-19)
* Yesus menyembuhkan orang lumpuh (Markus 2:3-12).
* Yesus membangkitkan orang mati (Mat 9:25, Yohanes 11:43-44).
* Yesus dipulihkan penglihatan kepada orang buta (Mat 9:27-30, Yohanes 9:1-7).
* Yesus kembali menyembuhkan tuli (Markus 7:32-35).
* Yesus memberi makan orang banyak (Mat 14:15-21; Mat. 15:32-38).
* Yesus berjalan di atas air (Matius 8:26-27).
* Yesus menenangkan badai dengan perintah (Matius 8:22-27; Markus 4:39).
* Yesus bangkit dari kematian (Lukas 24:39, Yohanes 20:27).
* Yesus menampakkan diri kepada murid-murid setelah kebangkitan (Yohanes 20:19).

Para saksi mata mencatat mukjizat Yesus dan kitab-kitab Injil telah dipercaya ditularkan kepada kami. Oleh karena itu, kita bisa percaya apa yang Yesus katakan mengenai diriNya untuk dua alasan: Pertama, karena apa yang Dia katakan dan lakukan, setuju dengan Perjanjian Lama dan dua, karena Yesus melakukan banyak mujizat di depan meyakinkan orang-orang yang memberikan kesaksian dan menulis tentang apa yang mereka melihat-Nya melakukan.

Kebangkitan Kristus

Dalam Kristen, kebangkitan adalah sangat penting. Tanpa kebangkitan iman kita tidak berguna (1 Kor. 15:14). Itu adalah kebangkitan Yesus yang mengubah kehidupan para murid. Setelah Yesus disalibkan, para murid lari dan bersembunyi. Tetapi ketika mereka melihat Tuhan yang bangkit, mereka tahu bahwa semua yang Yesus telah dikatakan dan dilakukan membuktikan bahwa Dia memang Allah dalam daging, Juruselamat.

Tidak ada pemimpin agama lain telah meninggal dalam tampilan penuh algojo terlatih, memiliki makam dijaga, dan kemudian bangkit tiga hari kemudian muncul pada banyak banyak orang. Ini adalah bukti dari kebangkitan siapa Yesus itu dan bahwa Dia tidak mencapai apa yang Dia berangkat untuk melakukan: menyediakan satu-satunya cara untuk penebusan umat manusia.

DIbanding dengan tokoh-tokoh iman lainnya, hanya Yesus yang telah secara fisik bangkit dari antara orang mati, berjalan di atas air, mengaku sebagai Allah, dan mengangkat orang lain dari kematian. Dia telah mengalahkan maut. Kenapa mempercayai orang lain? Mengapa percaya siapa pun yang dapat dipegang oleh kematian fisik ketika kita mempunyai Mesias yang lebih besar daripada kematian itu sendiri?

Kesimpulan

Mengapa ada orang yang percaya bahwa kekristenan memiliki kualitaskeimanan diatas iman-iman yang lain? Hal ini karena ada kebenaran mutlak, karena hanya dalam kekristenan adalah akurat ada memenuhi nubuat Mesias yang akan datang. Hanya dalam kekristenan yang kita miliki transmisi yang sangat akurat dari saksi mata dokumen (Injil) sehingga kami dapat mempercayai apa yang awalnya ditulis. Hanya dalam Kekristenan kita memiliki pribadi Kristus yang mengaku sebagai Allah, melakukan banyak mujizat untuk membuktikan klaim keilahian-Nya, yang telah mati dan bangkit dari antara orang mati, dan yang mengatakan bahwa Ia sendiri adalah jalan kebenaran dan hidup (Yohanes 14:6). Semua ini menambah legitimasi dan kredibilitas iman Kristen di atas iman-iman lain – semua berdasar pada pribadi Yesus.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: